Apabila terdapat error atau link download mati. Bisa hubungi admin ke Grup Facebook

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer / PC sering Restart Sendiri




Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer / PC sering Restart Sendiri


komputer sering restart sendiri
     Mungkin Banyak diantara Sobat Blogger yang mengeluhkan mengapa komputer sering restart sendiri atau sebelum masuk windows (saat booting), restart mendadak, dan sering atau terus-menerus restart tanpa tahu apa penyebabnya. Atau mungkin saat kita lagi asik main games tiba tiba restart sendiri. Untuk mengatasi masalah sering restart pada komputer, PC atau Laptop banyak hal yang harus diperhatikan, tentunya sobat sendiri yang lebih mengerti tentang spesifikasi PC atau laptop yang sobat miliki.
Perlu penalaran yang lebih panjang untuk mengetahui penyebab komputer sering restart sendiri, namun saya memiliki beberapa tips solusi dan jawaban untuk mengatasi restart yang terjadi pada komputer sobat.

Berikut ini ada 2 (dua) hal mendasar yang harus sobat ketahui sebagai Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer / PC sering Restart Sendiri / Hal – hal yang paling sering menjadi penyebab komputer restart :

     1. Kelistrikan : listrik adalah hal utama yang harus sobat periksa, dalam hal ini ialah Voltase (Voltage) tegangan listrik sobat. Gunakan AVO Meter untuk mengecek tegangan voltase listrik sobat, colokkan avo meter pada listrik dinding sobat, apakah sudah mencapai 220 V ? , jika tidak mencapai tegangan 220 V atau hanya sekitar 160 – 190 V ( naik turun ), saya jamin komputer sobat akan restart terus menerus, dalam hal ini sebagai solusi maka sobat harus menggunakan bantuan Stabilizer / Stavolt. Jika perlu suruh orang PLN untuk membetulkan listrik rumah sobat dan marahi sekalian. [ Supply listrik yang kurang akan menyebabkan komputer restart / mati dan berdampak pada kerusakan Hardware, Hard Disk, Motherboard dan Memory ]

     2. Power Supply : Kerusakan Power Supply sedikit sekali yang memprediksi, Power Supply yang rusak akan mengalirkan listrik yang tidak sempurna yaitu naik – turun dan tersendat – sendat, ketika power supply tegangan turun, komputer sobat akan restart. [ Solusi : Cara mudah dan ampuh ialah menggunakan fan / kipas yang memiliki lampu, perhatikan terang lampunya, jika terkedip – kedip segeralah ganti power supply sobat. ]

Jika sobat merasa Kelistrikan bukan yang menjadi alasan komputer sobat restart maka perhatikan berikut ini :

1. Restart saat Booting Windows.

Jika Restart saat Booting windows, hal ini lebih disebabkan karena kerusakan pada system start up, istilahnya file corrupt pada windows, atau memory yang sobat pakai kurang besar / rusak.

Solusi : Jika rusak windows maka sobat harus instalasi ulang / meng install windows lagi. Ingat !!! terkadang hal ini juga karena memory, saat windows restart maka CPU / Processor akan bekerja sangat kencang, jika memory tidak menunjang maka akan terjadi restart.

2. Restart saat Menjalankan Program / Main Games ( Low / Bad Memory )

Saat sobat menjalankan aplikasi yang besarnya tidak sesuai dengan spesifikasi PC komputer sobat maka akan terjadi restart, Low Memory yang biasa menjadi penyebab nya. Misalkan sobat main games yang besar dan sobat menjalankan Multi Tasking misalnya main games dan membuka program – program yang lainnya yang menyebabkan memory sobat bekerja ekstra keras, termasuk anti virus, anti virus akan memakan source komputer sobat lumayan banyak dan terkadang komputer sobat akan menjadi berat.

Solusi : tambah kapasitas Memory. Ingat !!! Bad Memory juga menyebabkan komputer sering Blue Screen dan Restart.

3. CPU / Processor Panas

CPU / Processor yang terlalu panas dapat menyebabkan komputer restart, cek suhu CPU sobat pada system BIOS, suhu normal berkisar antara 45º – 55º , jika ini yang menjadi penyebabnya.

Solusi : Lepas CPU / Processor , bersihkan berikan Thermal Pasta / Pasta Pendingin CPU, lihat kipas / fan nya, kalo perlu ganti yang bagus, jangan yang bertuliskan Made in China atau yang harganya 30 rb-an.

4. Program Crash / Virus-Malware

Banyak program yang memakan source komputer terlalu besar, saya sarankan sesuaikan program yang sobat install dengan spesifikasi komputer sobat, Virus juga sering mengambil sumber daya komputer yang besar tanpa kita sadari.

Solusi : Ganti komputer lama sobat dengan komputer yang mumpuni dan pasanglah Anti virus.

Hal – hal diatas ialah penyebab yang paling sering membuat komputer sering restart sendiri, saya sarankan memeriksa dan mecoba langkah – langkah diatas, semoga saja tulisan ini menyelesaikan masalah sobat. 

source : komputer1.com

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer / PC sering Restart Sendiri



Share this to:
Anda sedang membaca artikel : Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer / PC sering Restart Sendiri dengan url http://arifpoetrayunar.blogspot.com/2011/08/penyebab-dan-cara-mengatasi-komputer-pc.html

Artikel Terkait: Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer / PC sering Restart Sendiri

{ 31 komentar to : Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer / PC sering Restart Sendiri | Skip to Comment }

Anonim mengatakan...

siip

PPOB mengatakan...

meskipun masih ga donk masalah seperti ini,,
tapi penting nih dipelajari,,
agar tak panik ketika komputer di rumah
suka restart sendiri,,
makasih gan,,

Unknown mengatakan...

terima kasih banyak sobat akan segera sy coba, soalnya komputer sy sering restar terus sobat...

Unknown mengatakan...

terimakasih banyak. komputer saya emang sering restart sendiri meskipun memorinya masih banyak dan g ada virusnya. Lain dengan komputer warnet yang bisa tahan sampai berjam2 untuk main game2 berat semacam gta, fifa, dan point blank. Gemana caranya biar komputer rumah ku bisa kaya gitu hardware apa yang harus saya beli dan lengkapi. Mohon direspon ya mas , penting!

relokasi registry mengatakan...

analisis ttg penyebab restartnya lengkap gan.

trims atas infonya, :-)

arieza mengatakan...

maaf gan sebelumnya.

PC saya Pentium 4 2.2ghz
Ram saya 2 GB ddr3
VGA saya 1 GB ddr3 Nvidia

nah terus saya main COD 4 modern warfare

tapi kenapa kok restart terus ya padahal
spec nya kan
CPU: Intel(R) Pentium(R) 4 2.4 GHz or AMD(R) Athlon(TM) 64 2800+ processor or any 1.8Ghz Dual Core Processor or better supported
RAM: 512MB RAM (768MB for Windows Vista)
Hard Drive: 8GB of free space
Video card: NVIDIA(R) Geforce(TM) 6600
or better or ATI(R) Radeon(R) 9800 Pro or better

nah tu gmana ya tolong ya gan sms ke 087 737 729 434

Pasang Iklan Gratis Sepusanya mengatakan...

Mantapz infonya gan, makasih atas bantuan n pengetahuanya, semoga bermanfaat untuk semua

Anonim mengatakan...

gan ane mau tanya ...
kenapa waktu scan virus pake avira/smad komputernya restart ndiri...! nah kalo itu kenapa y ??

Unknown mengatakan...

gan mau tanya,, kenapa waktu ane scan virus kompinya restart y !! kalo itu apana yg salah gan ??
mohon bimbingannya.

UD SALSYA mengatakan...

ma ksh buanyyyajk infonya walaupun aku gak tahu tentang spesifikasi komputer dan berapa besar memori komputer yg saya pakai namun berbagai anti virus dan sofware sudah aku instal di komputer saya dan kalau saya pakai bareng bareng sering restart mungkin itu ya sebabnya...... dengan begini aku tahu sekali lagi ma kasih buanyyyak ya....... matur nuwun sanget

1 mengatakan...

yo sib

Anonim mengatakan...

kalau yg restart cuma windows explorenya itu knp ya gan??? mohon pencerahannya!!!

Anonim mengatakan...

henbat

Anonim mengatakan...

tammbah memory apa maksutnya tambah harddisk ???

breakrega@ymail.com

anton rahmat mengatakan...

terima kasih gan atas informasi nya

jangan lupa juga kunjungi blog saya di

antonrahmat.blog.stisitelkom.ac.id

Unknown mengatakan...

info yang brilian.....
ilmu barang yang mahal tapi anda bermurah hati.....

Anonim mengatakan...

nice share sob
saya akan mencoba nya , komputer ane di rumah sering mati soal nya

suroda mengatakan...

klo masalah yang saya alami adalah,monitornya yang mati bro...apalagi klo pertama di nyalain susah banget,padahal procesornya nyala,itu kenapa ya
mohon bantuan sob

Dhickye Thirtha mengatakan...

gan,hardisk saya di install di komputer teman, tpi pas di pasang di saya kok pas loading windows itu masuk'nya f8 ?

mhon solusinya gam

Anonim mengatakan...

HIDUP SHARE ILMU BIAR MANFAAT

Agus - Marketing Bioklin Penguras WC tanpa Sedot mengatakan...

wah repot ni kalo hardware yang kena , harus beli

Ingga mengatakan...

makasih gan

pengobatan alami darah tinggi mengatakan...

makasih nih gan buat tipsnya

Unknown mengatakan...

Siiep, mksih bnyak ats ilmunya mas brow,,

Mank90 mengatakan...

Makasi atas infonya, tp yg gw dpet agak berbeda n blom gw dpet solusinya. malasahnya kaya gini. laptop acer 2920z gw instal dengan XP n win 7, restart trus setelah loading files n muncul logo wondows, stelah proses in biasa langsung hang n kadang jga restart2, pling sring restart. Waktu pertama kli gw instal, dia hangnya saat pengkopian files sampai 97%. stelah gw instal lgi restart trus mi, nda tau bgaimana lgi solusinya.............

Article mengatakan...

nice info...thanks.....

andi mengatakan...

nie tetep adjah , gan ..
msih ngerestart juga

Anonim mengatakan...

Gan,komputer saya restart mulu tp ada tulisan 'start window normally',,pas d pencet tulisan itu kmputer balik lg k tulisan itu scara trus-menerus..itu knapa gan ??makasih

Distributor Komputer mengatakan...

Seperti pengalaman yang saat ini saya sedang di alami di PC saya? terimakasih atas infonya? :)

Alsepri adha mengatakan...

aslmkm wr wb..
mau tanya gan,, komputer ane sllu restar waktu hidupin game maupun hidupin video,, itupun cuma 3gp... klu untuk browsing sama yg photoshop tidak ada maslah... ane dah coba instal ulang masih kayak gitu... ane cek bagian hardware.. elco g da yg bengkak,,, dan tampilan monitor bagus..

mohon bgt bantuanya gan,,,,

Unknown mengatakan...

Lucky Computer Solution

Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan maintenance komputer dengan tim professional dan terpercaya.

Lucky Computer Solution dengan tim teknisi komputer berpengalaman dan professional siap membantu anda mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat komputer anda dengan layanan service komputer panggilan. Layanan service komputer panggilan yaitu dengan sistem pengerjaan langsung hingga selesai di rumah, kantor dan warnet anda berada.

Pastikan anda selalu menggunakan jasa Lucky Computer Solution.

Masalah apa saja yang bisa di tangani tim teknisi kami ?

1. Komputer mati total
2. Komputer sering Hang
3. Komputer lambat
4. Terkena virus
5. Install program
6. Install ulang Operasi sistem Windows
7. Pemasangan jaringan
8. dll
Bagaimana dengan biayanya ?

Jangan khawatir dengan biaya, karna Lucky Computer Solution memberikan harga yang begitu murah, dan terjangkau
1. Service ( Pembersihan seluruh komponen komputer, Penggantian Pasta Procesor ) Rp 75.000
2. Instalasi ulang ( Windows, MC Office, Corel, PhotoShop, Mozilla, DLL ) Rp 75.000
3. Paket Service dan Instal Ulang Cuma Rp 100.000
Bagaimana cara booking service komputer panggilan teknisi Lucky Computer Solution ?
Ketika terjadi trouble atau kerusakan pada perangkat komputer anda, anda bisa langsung hubungi call service kami di : 081-220-769-974 atau Pin BB 25CB7BAF dan buatlah perjanjian penanganan komputer anda untuk kunjungan ke rumah atau kantor anda dan kami pastikan tim teknisi kami akan segera datang ke rumah, kantor atau warnet anda . ( LCS hanya melayani Area Bandung, Cimahi, Sumedang. Diluar kota Bandung dikenakan biaya bensin )

Posting Komentar

 
Back To Top