Apabila terdapat error atau link download mati. Bisa hubungi admin ke Grup Facebook

Memperingati Hari Konsumen Nasional




Memperingati Hari Konsumen Nasional


Memperingati Hari Konsumen Nasional - Tepat tanggal 20 april 2013 nanti, Arif Poetra Yunar Blog dan seluruh lapisan masyarakat Indonesia akan memperingati Hari Konsumen Nasional. Berhubungan dengan itu, pemerintah telah membuat acara yang bertemakan "Gerakan Meningkatkan Kesadaran Hak Konsumen". Tema dari acara tersebut bertujuan agar para Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen.

Memperingati Hari Konsumen Nasional

Memperingati Hari Konsumen Nasional

Sebelum membahas mengenai acara apa saja yang akan di selenggarakan oleh pemerintah dalam Memperingati Hari Konsumen Nasional, ada baiknya bila anda menyimak terlebih dahulu latar belakang terbentuknya Hari Konsumen Nasional (HKN).

Dalam Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang telah diterbitkan pada tanggal 20 April 1999 dan diberlakukan efektif setelah satu tahun kemudian yakni pada tanggal 21 April 2000. Yang dimaksud dalam Undang-Undang tersebut adalah tentang perlindungan konsumen dengan segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen. Maka melalui Keputusan Presiden No. 13 Tahun 2012 ditetapkanlah sebagai Hari Konsumen Nasional (HKN) yang jatuh setiap tanggal 20 april.

Penetapan Hari Konsumen Nasional tersebut bertujuan agar banyak pihak termotivasidengan membangun konsumen yang cerdas dan pebisnis yang semakin memiliki etika dalam menjalankan usahanya.

Pada dasarnya Hari Konsumen Nasional itu bertujuan :
  • Sebagai salah satu upaya penguatan kesadaran secara masif akan pentingnya arti hak dan kewajiban konsumen serta sebagai pendorong untuk meningkatkan daya saing produk yang sudah dihasilkan para pelaku usaha dalam negeri.
  • Menempatkan konsumen pada subyek penentu kegiatan ekonomi sehingga pelaku usaha terdorong untuk dapat memproduksi dan memperdagangkan barang/jasa yang berkualitas serta berdaya saing di era globalisasi.
  • Menempatkan konsumen untuk menjadi agen perubahan dalam posisinya sebagai subyek penentu kegiatan Ekonomi Indonesia.
  • Mendorong pemerintah dalam melaksanakan tugas mengembangkan upaya perlindungan konsumen di Indonesia.
  • Mendorong pembentukan-pembentukan jejaring komunitas perlindungan konsumen.
Selanjutnya, peringatan Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 20 April akan dilaksanakan oleh Pemerintah dengan koordinasi Direktorat Pemberdayaan Konsumen, Direktorat Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen, Kementerian Perdagangan.

Tahun 2013, Peringatan Puncak Hari Konsumen Nasional akan diselenggarakan pada 23 April 2013 dengan Tema Gerakan Meningkatkan Kesadaran Hak Konsumen”.

Berkaitan dengan Hari Konsumen Nasional, Direktorat Pemberdayaan Konsumen-Ditjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen akan melakukan serangkaian acara seperti :
  • Lomba menggambar dengan tema “Konsumen Cerdas” bagi siswa Sekolah Dasar kelas 4-6 tanggal 2 April 2013 yang akan diikuti oleh 50 siswa terdiri dari 25 sekolah yang pernah mendapatkan sosialisasi perlindungan konsumen.
  • Lomba menulis tentang perlindungan konsumen di Blogger, ditujukan untuk masyarakat umum, tanggal 5 Maret – 15 April 2013.
  • Lomba menulis tentang Hari Konsumen Nasional bagi Wartawan media cetak dan elektronik, tanggal 5 Maret – 30 April 2013.
  • Lomba Menggambar bagi siswa SD dan Melukis poster bagi siswa sekolah menengah (SMP/SMA) dengan tema “Konsumen Cerdas”, tanggal 2 April 2013 yang akan diikuti oleh 50 peserta terdiri dari 25 sekolah yang pernah mendapatkan sosialisasi perlindungan konsumen.
  • Prima Niaga Peduli Perlindungan Konsumen, penghargaan kepada ritel lokal/ nasional di 11 kota besar.
  • Seminar sehari tentang Isu Aktual Perlindungan Konsumen, tanggal 16 April 2013 di Balai Kartini.
  • Klinik Konsumen bekerjasama dengan maskapai penerbangan dan atau jawatan kereta api, aktifitas di Bandara Soekarno Hatta/Stasiun Gambir, berupa : counter pelayanan pengaduan dan pembagian souvenir HKN, tanggal 20 April 2013.
  • Puncak Peringatan Hari Konsumen Nasional dilaksanakan pada tanggal 23 April 2013 di Balai Kartini akan dibuka oleh Menteri Perdagangan, dihadiri 1000 undangan dengan acara antara lain :
    • Pembagian hadiah pemenang lomba gambar, lomba poster, lomba menulis di blogger, Prima Niaga.
    • MoU dengan Ormas
    • MoU dengan 10 Perguruan Tinggi
    • MoU / Deklarasi perusahaan Child-Friendly
  • Selain itu juga akan ada Side Events, yaitu :
    • 10 klinik konsumen, antara lain tentang perbankan, leasing, asuransi, properti, telepon, listrik.
    • Gelar gambar, poster, dan tulisan di blogger yang mendapat juara.
Melalui Memperingati Hari Konsumen Nasional ini diupayakan menjadi momentum dalam penguatan konsumen cerdas untuk dikembangkan secara berkesinambungan, dan agar seluruh elemen masyarakat dapat berperan aktif dalam gerakan konsumen cerdas khususnya di Indonesia.


Memperingati Hari Konsumen Nasional



Share this to:
Anda sedang membaca artikel : Memperingati Hari Konsumen Nasional dengan url http://arifpoetrayunar.blogspot.com/2013/04/memperingati-hari-konsumen-nasional.html

Artikel Terkait: Memperingati Hari Konsumen Nasional

{ 1 komentar to : Memperingati Hari Konsumen Nasional | Skip to Comment }

ian mengatakan...

Selamat hari konsumen nasional

Posting Komentar

 
Back To Top