Pengertian Iklan




Pengertian Iklan


Pengertian Iklan - Menurut dari hasil Arif Poetra Yunar Blog googling, Kata iklan berasal dari bahasa yunani yang mempunyai arti "mengiring orang pada gagasan" atau dalam bahasa Indonesia adalah pariwara yaitu mempromosikan ide, barang, atau jasa secara non personal tentang suatu produk, merek, perusahaan, atau toko yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran melihat iklan sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, relasi publik , penjualan, dan promosi penjualan.

Pengertian Iklan bisa di definisikan sebagai bentuk komunikasi nonpersonal yang menjual pesan-pesan persuasif dari sponsor yang jelas untuk mempengaruhi orang membeli produk dengan membayar sejumlah biaya untuk media, iklan merupakan sebuah investasi yang dianggap sangat menguntungkan, apalagi pemasangan dengan layanan Iklan Internet Murah Efektif Berkualitas Indonesia akan sangat menguntungkan bisnis anda. Dengan demikian iklan dapat didefinisikan sebagai salah satu jenis teknik komunikasi massa dengan membayar ruangan atau waktu untuk menyiarkan informasi tentang barang dan jasa yang di tawarkan oleh si pemasang iklan.

Iklan memiliki berbagai macam jenis, berdasarkan sifatnya iklan dibedakan atas iklan niaga dan nonniaga. Iklan niaga dibuat untuk mempengaruhi khalayak/masyarakat supaya tertarik untuk memiliki, membeli, dan mengunakan produk yang diiklankan. Sedangkan untuk Iklan nonniaga / layanan masyarakat dibuat untuk menarik perhatian masyarakat sehingga masyarakat mempunyai rasa simpati atau memberikan dukungan terhadap hal yang diiklankan.

Berdasarkan tujuannya, Iklan dibedakan atas iklan penawaran/permintaan dan iklan pengumuman. Sedangkan berdasarkan ruang (space), iklan dibedakan atas iklan baris dan displai. Iklan baris adalah iklan yang menggunakan bahasa singkat dan padat. Iklan baris biasanya disusun berdasarkan golongan yang sama. Misalnya: iklan penjualan rumah masuk dalam kolom properti atau rumah dijual.

Fungsi Dari "Iklan" :

Iklan sangat penting karena memiliki fungsi komunikasi yang kritis, diantaranya;
  • Menginformasikan
  • Iklan membuat konsumen sadar akan adanya produk baru, memberikan informasi mengenai merk tertentu, dan menginformasikan karakteristik serta keunggulan suatu produk. Pada tahap awal dari kategori produk, iklan sangat diperlukan untuk membangun permintan primer (kotler). Iklan merupakan bentuk komunikasi yang efisien karena mampu meraih khalayak luas dengan biaya yang relativ rendah.
  • Membujuk
  • Tujuan ini sangat penting pada tahap persaingan, dimana perusahaan ingin membangun permintaan selektif untuk produk tertentu (Kotler, 2000:578). Bebrapa iklan menggunakan comparative advertising yang memberikan perbandingan atribut dari dua atau lebih merk/produk secara eksplisit. Iklan yang efektif akan membujuk konsumen utnuk mencoba menggunakan atau mengkonsumsi suatu produk. Kadang-kadang iklan dapat mempengaruhi permintaan primer yang membentuk permintaan untuk seluruh kategori produk. Seringkali iklan ditujukan untuk membangun permintaan sekunder yaitu permintaan untuk merk perusahaan tertentu.
  • Mengingatkan
  • Iklan dapat membuat konsumen tetap ingat pada merk/produk perusahaan. Ketika timbul kebutuhan yang berkaitan dengan produk tertentu, konsumen akan mengingat iklan tentang produk tertentu. Maka konsumen tersebut akan menjadi kandidat pembeli. Iklan dengan tujuan mengingatkan ini sangat penting unruk produk matang (kotler, 2000:579)
  • Memberikan Nilai Tambah
  • Iklan memberikan nilai tambah terhadap produk dan merk tertentu dengan cara mempengaruhi persepsi konsumen. Iklan yang efektif akan memberikan nilai tambah produk sehingga produk dipersepsikan lebih mewah, lebih bergaya, lebih bergengsi, bahkan melebihi apa yang ditawarkan oleh produk lain, dan secara keseluruhan memberikan kualitas yang lebih baik dari produk lainnya.
  • Mendukung Usaha Promosi Lainnya
  • Dapat digunakan sebagai alat pendukung usaha promosi lainnya seperti sebagai alat untuk menyalurkan sales promotion, pendukung sales representative, meningkatkan hasil dari komunikasi pemasaran lainnya.

Dari pengertian iklan diatas maka, iklan harus memenuhi syarat-syarat iklan yaitu sebagai berikut
Syarat-syarat iklan
1. Bahasa Iklan
a. Menggunakan pilihan kata yang tepat, menarik, sopan, dan logis
b. ungkapkan atau majas yang digunakan untuk memikat dan sugestif
c. Disusun secara singkat dan menonjolkan bagian-bagian yang dipentingkan

2. Isi iklan
a. objektif dan jujur
b. singkat dan jelas
c. tidak menyinggung golongan tertentu atau produsen lain
d. menarik perhatian banyak orang.

Semoga sedikit informasi mengenai Pengertian iklan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Pengertian Iklan



Share this to:
Anda sedang membaca artikel : Pengertian Iklan dengan url http://arifpoetrayunar.blogspot.com/2012/07/pengertian-iklan.html

Artikel Terkait: Pengertian Iklan

{ 10 komentar to : Pengertian Iklan | Skip to Comment }

Iklan dofollow mengatakan...

Penjelasan yang mantap master, tanpa adanya iklan sebuah produk tak akan dikenali, iklan menjadi sarana efektif untuk mengenalkan, menjual produk, dan membangun merk. Salam dari newbie

Madjongke mengatakan...

Informasi yang sangat bagus sob. Iklan memang hal yang menj terbik untuk kesuksesan suatu bisnis

Arif Poetra Yunar mengatakan...

terima kasih sob sudah mampir ke blog sederhana ini :)

obat kuat mengatakan...

dengan yang anda raih semoga sukses selalu
kunjungi y broo..... www.sahputraherballs.blogspot.com

iklan baris gratis mengatakan...

Nice article....
terus berkarya sob

Download Template Gratis di MIFTAH.US mengatakan...

iklan memang sangat berguna, apalagi iklan diblog :v

furniture jepara mengatakan...

terimakasih mas infonya .
ini sangat memebantu bagi orng yang tidak tau seperti saya .

Anonim mengatakan...

Makasih gan atas infonya.. :)

iklan baris poskota mengatakan...

bagus artikelnya

Dewa Poker Online mengatakan...

Wow keren bgt min.. Thx infonya ya min


pokerv
Agen Poker Online Terpercaya

Poskan Komentar

 
Back To Top